18 Macam Jenis Hantu Paling Seram, Menakutkan dan Ditakuti Di Indonesia




18 Macam Jenis Hantu Paling Seram, Menakutkan dan Ditakuti Di Indonesia

1. Pocong

ong menjadi hantu yang sangat populer di indonesia, hantu tersebut berwujud seperti manusia yang hendak dikuburkan. Diceritakan pocong ini adalah hantu yang bergentayangan karena pada saat ia dikuburkan, orang yang menguburkan lupa untuk melepas ikatan tali di kepalanya. hal ini menyebabkan arwah dari pocong tersebut terkurung dalam jasad dan tidak bebas. oleh karenanya pocong akan bergentayangan memcari pertolongan agar tali yang ada di kepalanya itu dilepas. nah setelah ada yang membantunya maka arwah hantu tersebut akan bebas dan beristirahat dengan tenang. Namun ada juga versi lain yang menceritakan tentang pocong. ia bangkit untuk membalaskan dendamnya kepada orang yang telah membunuhnya. Ada juga yang mengatakan kalau pocong itu memiliki mata merah, mata hijau dan juga yang bilang tidak ada matanya/ berongga.

2. Kuntilanak



Di indonesia ada legenda tentang kuntilanak, Awalnya kuntilanak merupakan seorang wanita hamil yang kemudian dibunuh oleh orang jahat. Kemudian arwahnya kembali untuk membalaskan kematiannya. Digambarkan kalau kuntilanak itu berwujud layaknya wanita berambut panjang dengan menggunakan baju berwarna putih. Konon katanya untuk menghindari kuntilanak kita harus membawa pisau, gunting atau paku. Jika ada kuntilanak yang menyerang kita harus menancapkan pakunya ke ubun ubun sang hantu. selain itu ada juga yang mengatakan kalau kuntilanak itu tidak akan menyerang wanita yang sedang hamil. Salah satu tanda dari kedatangan kuntilanak adalah ada suara tawa dari wanita, ada bau harum kamboja dan juga suara anak ayam.

3. Sundel Bolong

jika sekilas kita amati, sundel bolong memiliki kemiripan dengan kuntilanak. yaitu sesosok wanita dengan rambut panjang dan baju putih. Bedanya kalau sundel bolong itu, bagian punggung hingga perutnya berlubang. legenda mengatakan kalau sundel bolong itu ada karena ada wanita yang diperkosa kemudian dibunuh. Kemudian ia hamil dan melahirkan di alam kubur. oleh karenanya,ia bangkit lagi dan akan memburu bayi bayi yang baru saja dilahirkan.




4. Tuyul

Tuyul merupakan salah satu makhluk halus yang digambarkan seperti anak kecil. bentuknya kecil, suka bermain, botak dan juga suka mengambil uang. Dijelaskan kalau tuyul ini tercipta dari banyaknya janin yang mengalami keguguran maupun disengaja atau tidak disengaja. Seringkali tuyul dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri. Adapun beberapa orang yang mengatakan cara untuk menangkal tuyul seperti mengantung bawang di pintu dan jendela, meletakan mainan di tempat menyimpan uang dan juga mengikat uang dengan benang.




5. Genderewo

Genderewo merupakan hantu dengan perwujudan seperti layaknya manusia, namun dengan bentuk badan yang sangat besar dan juga terdapat bulu yang menutupi seluruh tubuhnya. diceritakan bahwa genderewo merupakan hantu perwujudan dari orang yang meninggal secara tragis. Karena belum terima dengan kematiannya arwahnya akan bergentayangan dan bertempat di pohon yang besar. Genderewo terbilang hantu yang cukup usil, dia suka menganggu orang yang lewat di wilayahnya, sering juga ada yang bilang kalau ada genderewo yang usil dengan melempari rumah dengan menggunakan kerikil. Bahkan diyakini juga kalau genderewo juga bisa menjelma menjadi manusia dan bisa berhubungan bahkan membuat wanita menjadi hamil. Nah ada juga yang menceritakan kalau genderewo dibedakan menjadi 2 jenis. ada yang baik dan juga yang jahat, genderewo baik biasanya memperlihatkan dirinya dengan wujud kakek kakek berjubah putih dan akan membantu anak anak yang tidak memiliki biaya untuk khitan.

6. Wewe gombel

Wewe gombel merupakan hantu dengan perwujudan seorang wanita yang memiliki payudara berukuran sangat besar. Dia sangat suka kepada anak anak, jadi ketika dia menemui mangsa yaitu anak anak ia akan mewujudkan dirinya sebagai seorang wanita cantik. ia akan merayu anak tersebut agar mau diajak ke rumahnya. banyak juga yang menceritakan kalau anak yang dibawa wewegombel itu tidak akan memakai pakaian sehelaipun untuk pakaiannya wewegombel akan melapisi tubuh anak/ korbannya dengan menggunakan lumpur, Kemudian ia akan diberimakan kotoran manusia namun anak tersebut melihatnya sebagai makanan yang normal. Dijelaskan juga bahwa kalau untuk mencari anak yang telah diculik oleh wewegombel, anda harus membawa alat dapur yang bisa dibunyikan seperti panci atau piring. Biasanya wewegombel seringkali menyembunyikan korbannya diatas pohon aren.

7. Leak

Leak merupakan salah satu mitologi yang berkembang di bali, leak merupakan perwujudan dari penyihirjahat yang memiliki wujud manusia dengan lidah panjang dan juga memiliki taring. Berbeda dengan hantu lain yang seringkali menganggu manusia, leak ini memiliki kegiatan mencari organ manusia yang sudah meninggal di kuburan untuk dijadikan sebagai salah satu bahan ramuan yang mereka buat. mereka membuat ramuan agar bisa mengubah dirinya menjadi seekor babi atau bola api. seringkali mereka juga akan menyerang wanita hamil untuk dihisap darahnya. Nah untuk memusnahkan leak, kita harus menusuk leher leak dari bawah, jadi kepala dan juga tubuhnya tidak akan menyatu lagi.

8. Ragda

Ragda merupakan makhluk lain yang ada di mitologi bali selain leak. Ragda merupakan ratu atau pemimpin dari para leak. Diceritakan kalau ragda ini suka sekali menculik dan memakan anak kecil, kemudian dulu mereka juga memimpin pasukan penyihir jahat untuk melawan barong yaitu simbol kekuatan baik yang ada di bali. Ada juga asal usul yang menceritakan tentang terciptanya Ragda. Pada abad ke 11, permaisuri ke dua raja Dharmodayana di duga di sihir oleh seorang wanita. Kemudian sang raja mengasingkan wanita tersebut ke bali. Wanita ini kemudian bersumpah akan membalas dendam dengan membunuh setengah warga kerajaan. Seringkali Ragda menjadi bagian dari tokoh yang ada dalam tarian tarian di bali.

9. Kuyang

Kuyang merupakan mahkluk halus yang dipercaya oleh masyarakat kalimantan. Kurang adalah makhluk siluman yang suka memakan bayi bayi yang baru saja dilahirkan. kuyang sejatinya adalah wanita yang menganut aliran sesat agar bisa membuatnya hidup abadi. pada siang hari, kuyang akan berwujud seperti wanita biasa, hanya saja memakai selendang pada bagian lehernya. karena dibagian leher ia memiliki tanda yang bisa menunjukan kalau dirinya adalah kuyang. Pada malam hari ia akan berunah menjadi seekor burung atau kucing, ia seringkali akan mendarat di atap rumah orang yang sedang melahirkan. untuk melawannya cukup mudah, kita hanya harus memukulnya dengan menggunakan perabotan rumah atau sapu ijuk. Kuyang ini juga memiliki nama lain di daerah berbeda, contohnya di Sumatra dikenal dengan nama palasik.

10. Begu Ganjang

Begu ganjang merupakan makhluk halus yang dipercaya di daerah tapanuli. makhluk ini adalah peliharaan dari seseorang yang menganut ilmu hitam. Dia akan menempatkan dirinya di tempat yang sepi, gelap dan juga sunyi. Ketika ada mangsa yang lewat dia akan mendekat, awalnya terlihat kecil namun semakin lama akan menjadi besar layaknya raksasa. Begu ganjang ini juga dipercaya tidak segan untuk memangsa orang yang menjadi mangsanya.

11. Orang Bunian

Orang bunian merupakan salah satu mitos yang dipercaya oleh orang batak. Mereka adalah orang yang diasingkan disana karena suatu kejadian yang memalukan. oleh karenanya orang tersebut mengasingkan diri dan berpindah ke lain dimensi. Mereka seringkali menarik perhatian orang biasa dengan cara mengadakan pesta diiringi dengan musik dan bunyi bunyian. Jika ada orang yang tertarik kepada orang bunian, maka mereka tidak akan bisa kembali. Jikapun ada yang bisa kembali, mereka akan ditemukan tanpa ingatan.

12. Hantu Korod

hantu Korod merupakan hantu yang dipercaya oleh masyarakat sunda. hantu ini adalah hantu pria yang memiliki hobi untuk menganggu para gadis yang mandi setelah senja. Ada sebuah legenda yang tersebar, yaitu pada tahun 1920, terdapat gadis berusia 16 tahun yang mandi pada senja hari. Kemudian setelah mandi ia melihat sesosok laki laki tampan yang tidak lain dan tidak bukan adalah hantu korod tadi. Setelah itu selalu membayangkan wajah pria tersebut dan berkata kalau ia ingin menikah dengan orang tersebut. tidak lama kemudian gadis tersebut dan baru ditemukan beberapa hari kemudian dalam kondisi yang sudah tidak bernyawa. ia ditemukan di pohon salak dan tubuhnya penuh dengan duri.

13. Hantu Ipri

Ipri merupakan salah satu hantu dengan perwujudan seperti putri duyung. Ia memiliki tubuh bagian atas layaknya manusia, tetapi memiliki tubuh bagian bawah layaknya ikan. Dalam mitologi yunani juga terdapat kepercayaan seperti ini. Jika di eropa biasanya putriduyung diceritakan memiliki sifat yang baik. Maka kalau hantu apri ini memiliki kegiatan untuk menggoda nelayan dan kemudian menenggelamkan mereka. Namun tidak sedikit pula orang yang memuja hantu ini karena dipercaya dapat membawa rejeki.

14. Banaspati

Banaspati merupakan salah satu hantu yang dipercaya oleh masyarakat jawa. hantu ini memiliki bentuk layaknya manusia namun tidak memiliki hidung. Dijelaskan kalau hantu ini berjalan, ia akan selalu menghadap ke atas karena malu memperlihatkan dirinya yang tidak memiliki hidung. Hantu ini sangat ditakuti oleh masyarakat jawa karena jika ada yang melihatnya dipercaya tidak lama lagi akan ada bencana yang terjadi. Penampakan banaspati akan disertai dengan suara tangisan bayi.

15. Kemangmang

Kemangmang merupakan salah satu hantu dengan bentuk katak raksasa yang memiliki tengkuk membawa api dan juga uka menghisap otak manusia. Api tersebut tidak bisa dipadamkan dan bisa membakar segala sesuatu yang disentuhnya. Kemangmang biasanya menempatkan diri mereka di tempat yang berair seperti rawa. ketika ia muncul api yang ada di tengkuknya akan berkobat kobar.

16. Babi Ngepet

babi Ngepet merupakan perwujudan dari manusia yang memiliki aliran sesat. ia bwewujud seperti babi hutan. Dalam ritual ini orang yang memiliki aliran sesat tersebut membutuhkan dua orang. Yang satu berperan untuk berubah menjadi babi ngepet sedangkan yang satu lagi berperan untuk menjaga lilin. Jika api dari lilin tersebut hampir padam, maka itu menandakan kalau rekannya sedang dalam bahaya. Ada juga massyarakat yang menjelaskan kalau dalam aksinya, babi ngepet akan menggesekkan tubuhnya ke dinding rumah korban. tidak lama setelah itu semua barang berharga yang ada didalam rumah tersebut akan lenyap dibawa oleh babi ngepet tersebut.

17. Jenglot

Dalam legenda, dijelaskan kalau jengot adalah perwujudan orang yang ingin hidup kekal. mereka bertapa dalam waktu yang lama, kemudian berubah wujud menjadi manusia kerdil. kita bisa menemui jenglot dimana saja, baik itu di pohon, bawah tanah atau atap rumah. Ada banyak paranormal yang memelihara jenglot ini. Ada yang bilang kalau jenglot ini sangat aktif dan seringkali meminum darah. Namun ia akan menjadi sangat pasif saat ada orang yang melihatnya.

18. Hantu Muka Rata

Hantu Muka rata merupakan hantu yang tidak memiliki bagian bagian muka seperti hidung, mata, mulut dan lainnya. Diceritakan kalau hantu ini seringkali menyamar menjadi penjual sate. Dia akan berjualan pada malam hari, kemudian pada saat melayani pelanggannya ia akan berubah menjadi sesosok orang yang tidak memiliki mata, hidung, mulut, maupun alis. ia tidak memilki niat buruk seperti menyakiti atau bahkan membunuh. Ia hanya suka menakuti orang yang dijumpaiinya. Jika di sunda mereka menyebut hantu ini dengan nama aden aden.



Add Comment