Mantra Panca Sembah

Mantra Panca Sembah Atau yang lebih dikenal dengan nama kramaning sembah merupakan salah satu mantram yang sering dipakai umat hindu untuk melakukan upacara atau sedang berdoa. Di Dalam Kepercayaan Agama Hindu, Panca Merupakan Arti Dari Lima Sedangkan Panca Sembah Berarti 5 Kali Menyembah Tuhan sang Pencipta Alam. Doa ini Tidak Bisa Dilakukan Secara Sembarangan Atau Tiap Waktu karena doa ini merupakan Hubungan antara Hamba dengan sang Pencipta ( Tuhan ). Maka Dari itu Biasanya Doa ini Dilakukan Oleh Umat Hindu Untuk Menyampaikan berbagai Persoalan Hidup, Menyampaikan Penghormatan Kepada Tuhan, Memohon Sesuatu Atau bisa juga Dijadikan Sebagai Adat Harian Sembahyang Orang Hindu.

Jenis Mantra Panca Sembah Kramaning Untuk Agama Hindu

Bacaan Mantra Panca Sembah Kramaning Dan Puja Trisandya Agama Hindu Lengkap Beserta Artinya

Ada Banyak Jenis Mantra yang bisa dilakukan sebagai salah satu tanda baktinya kita sebagai hamba kepada sang Pencipta Alam. Dan Untuk Masalah Doa Mantra Lima ini Maka kami tidak hanya memberikan informasi seputar Puja Trisandya dan Kramaning sembah tapi lebih dari itu semua. Saya Akan Jelaskan 3 Jenis Mantra Sembahyang Yang lebih Dikenal Dengan Nama Panca Sembah.

1. Mantra Panca Sembah Saa ( Sesonteng )

Doa ini merupakan Doa yang dilakukan Oleh orang hindu kalau sendirian Atau Saat melakukan sembahyang tanpa adanya pemandu ( Pinandita ). Karena Dilakukan Sendiri maka ritual sembahyang ini lebih dikenal dengan sebutan Sembahyang Ngeraga. Uniknya Untuk Melakukan Ritual ini kita bisa menggunakan Bahasa Sehari hari jadi tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Satu Hal yang perlu dilakukan adalah memastikan kalau kita sudah benar benar siap sebelum menjalani ritual ini karena untuk menjalankan semua ini diperlukan Kekhusukan jadi pastikan Pikiran dan hati Terpusat Dengan Baik dan Benar




2. Panca Sembah Tanpa menggunakan mantra

Doa panca sembah ini merupakan salah satu doa yang sering dilakukan oleh orang Hindu jika mereka melakukan sembahyang didampingi seorang Pandita atau pinandita atau juga kita lebih mengenal dengan nama pemangku. Maka dari itu doa ini lebih dikenal dengan nama mantra panca sembah pemangku.

Walaupun doa Panca ini tidak diperlukan mantra untuk melakukan ritual ini cukup sulit karena kita dituntut untuk mendapatkan ketenangan dengan cara bermeditasi. Mantra ini hanya dilakukan oleh para sesepuh dari agama Hindu tahu orang-orang yang memang sudah dirasa Lanjut Usia mengapa demikian karena umumnya orang yang sudah memiliki umur yang cukup tua sangat perlu untuk mendekatkan diri kepada Tuhan sang pencipta alam. Mantra ini ditujukan dan dibaca untuk Sang Hyang guru yaitu Ida Betara Kawitan yang memang tidak memerlukan mantra untuk menyampaikannya.

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung bagaimana sih cara melakukan dan membaca mantra sembah ini akan mencoba sedikit menerangkan ritual yang harus dilakukan agar anda menjalankan sembahyang ini dengan baik dan sesuai dengan tata cara agama Hindu. Di bawah ini saya rangkum langkah bagaimana menjalani ritual sembahyang dengan Panca tanpa mantra.

* Sebelum anda melakukan sembahyang pastikan anda sudah merasa tenang
* pusatkan pikiran anda kepada bu Titik tertentu misalnya kita bisa melihat ke simbol ongkara atau juga kita menggunakan titik cahaya sebagai pusat meditasi kita
* langkah selanjutnya Anda bisa memulai untuk menarik nafas secara perlahan lembut dan panjang. Pusat kan nafaza menuju sam kepada simbol cahaya atau objek tertentu.
* jika Anda mulai merasa kehabisan nafas maka anda bisa menghembuskan udara didalam DP anda secara perlahan.
* lakukan hal ini secara terus-menerus di mana anda menemukan ketenangan Dalam meditasi Anda.

3. Panca sembah menggunakan mantra

Melakukan sembahyang dengan doa ini maka anda memerlukan sedikit latihan agar anda pisah bersama dengan pinandita atau Pandita yang memimpin anda. Sebelum menjalankan ritual ini maka harus memenuhi beberapa persyaratan yang wajib oleh agama Hindu yaitu

A. Menjalani Nunas Pragan

Melakukan pawintenan atau nunas pragan merupakan langkah yang wajib dilakukan agar setiap mantra yang kita mendapatkan khasiat dan manfaat atau kalau dalam kepercayaan seorang Hindu disebut sebagai mantra campah atau mantra yang tidak metaksu




B. Memahami Esensi Doa Dan Mantra ini

Syarat Kedua Untuk Menjalani doa ini Adalah Memastikan Kalau anda sudah paham dengan makna dan arti dari Mantra ini. Mengapa Hal ini sangat penting karena kalau kita saja tidak paham dengan makna dari doa kita maka akan sangat sulit untuk memahami dengan maksimal tentang keinginan kita.

C. Melakukan Trisandya

Nah Untuk Syarat yang ketiga ini merupakan salah satu Syarat wajib sebelum melakukan ritual sembahyang ini yaitu menjalani Trisandya. Mengapa anda harus menjalani ini karena Dengan Trisandya maka anda sedang memuliakan dan mengagungkan Sang Hyang Widi Wasa. Nah Adapun bacaan Doa Untuk Melakukan Trisandya ini Adalah Sebagai Berikut :

Om Bhur Bhuvah Svah, Tat Savitur Varenyam, Bhargo Devasya Dhimahi, Dhiyoyo Nah Pracodayat

“Om Narayana Evedam Sarvam, Yad Bhutam Yasca Bhavyam, Niskalangko Niranjano Virvikalpo, Nirakhyatah Sudho Deva Eko, Narayano Na Dvityo Asti Kascit”

Selain Bacaan diatas Patstikan anda juga membaca 4 bait doa lainnya sebelum anda melakukan Ritual sujud sembahyang panca sembah.

4. Bacaan Doa Mantra Panca Sembah ( Kramaning Sembah ) Beserta Arti dan Maknanya

Dibawah ini ada beberapa Bacaan Doa Atau Mantra yang harus anda hafalkan sebelum menjalani ritual panca Sembahyang. Pastikan anda Menghafalnya Dengan baik dan Benar.

A. Doa Pertama

Ong Atma Tattwatma Suddha Mam Swaha

Arti dari Mantra Diatas :  Oh tuhan, wujud Mu dalam diri atma (hamba) adalah filsafat tattwatma (keilahian), bersihkan diri hamba.

Doa ini Sengaja Ditujukan untuk tuhan sang pemberi kehidupan. Untuk Melakukan Ritual ini maka kita bisa melakukan sembah puyung yaitu sembahyang yang bisa dengan tanpa menggunakan sarana

B. Doa Kedua

“Ong Aditiya Sya Paramjyotir, Rakta Teja Namostute, Sweta Pangkaja Madhyasthe, Bhaskara Ya Namostute, Om Hrang Hring Sah Parama Siwa Raditya Ya Namo Namah

Arti mantra ini  Oh tuhan, didalam manifestasi Mu sebagai dewanya seluruh dewata, sang aditi dengan segala sinarnya yang luar biasa, engkau (tuhan) bersinar merah, hamba hormat pada Mu, engkau (tuhan) berada di antara teratai putih, hormat hamba pada sang pemberi pencerahan.

Mantra ini Ditujukan untuk sang dewa surya yang biasanya dilakukan dengan menggunakan sarana yakni memakai  bunga Saat berdoa ( membaca Mantra )

C. Mantra Ke tiga

“Ong Nama Dewa Adhisthanna Ya, Sarwa Wyapi Wai Siwa Ya, Padmasana Eka Pratistha Ya, Ardhanareswari Ya Namo Namah, Ong Hrang Hring Sah Parama Siwa Aditya Ya Namah Swaha

Arti dari Doa ini  :

Oh tuhan, kepada sang dewa yang tinggal berada ditempat tinggi, kepada dewa Siwa yang sesungguhnya ada dimana – mana, kepada sang dewa yang tinggal di tempat duduk teratai sebagai suatu tempatNya, kepada dewa Adhanareswari, hormat hamba pada engkau

Mantra ini tertuju Spesial untuk Sang hyang guru dan biasanya juga dilakukan dengan menggunakan bunga sebagai saranya

D. Bacaan Untuk Dewa Lain

Untuk Bacaan Mantra Lainya merupakan doa yang umumnya ditujukan untuk para dewa – dewa lain yang memang dihormati oleh pengikut agama Hindu. Beberapa diantaranya adalah doa kebaikan dan kemakmuran, Mantra Pengharapan kebahagian, Doa umur panjang dan Doa doa lainya. Umumnya Doa ini Dilakukan Dengan Menggunakan Sarana Bunga.

E. Doa Untuk Tuhan Semesta Alam

Untuk Penutupan Maka Doa yang terakhir adalah Mantra yang ditujukan untuk Sang Pencipta Alam ( Tuhan ) yang bertujuan sebagai sarana untuk bersyukur, berterimakasih dan Memuja atas segala Karunia yang diberikan tuhan kepada manusia. Umumnya Untuk Melakukan Doa ini kita Bisa Menggunakan sarana Bebas Sesuka Hati Makanya Doa ini Sering Disebut Dengan Sembah Puyung.

Nah itulah Sedikit Informasi Seputar Puja Trisandya dan Kramaning Sembah ( Mantra Panca Sembah ), Adapun Kalau Misalkan anda Ingin Tahu Apa Saja Tujuan Panca Sembah Dalam Agama Hindu Atau Anda pengin memahami Setiap Bacaan Mantra Sembahyang dan Cara Memimpin Persembahyangan Panca Sembah Maka anda Bisa mendownload Video Mantra ini Atau bisa juga Dengan Mendengarkan MP3 Mantra Sembah ini. Silakan Dikoreksi Jika ada Kesalahan. Kami Mohon Maaf

Add Comment